Developed in conjunction with Joomla extensions.

Religiusnya Timnas Indonesia U-22

Sepak Bola
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Manila - Nuansa religius amat kental di Timnas Indonesia U-22. Banyak pernyataan dan selebrasi yang selalu mengarah kepada Tuhan.

Indonesia berhasil melaju ke final sepakbola SEA Games 2019. Hasil itu didapat setelah mengalahkan Myanmar 4-2 di Rizal Memorial Stadium, Sabtu (7/12/2019) sore WIB kemarin.

Gol-gol dicetak oleh Evan Dimas Darmono (dua kali), Egy Maulana Vikri, dan Osvaldo Haay. Dalam perayaan gol mereka bahkan selalu mengingat Tuhan.

Untuk para pemain beragama Islam, mereka identik merayakannya dengan sujud syukur. Hal itu sudah sangat lama melekat oleh pemain-pemain yang diasuh Indra.

Hal unik lainnya terlihat pada Osvaldo. Putra asal Jayapura itu hampir selalu merayakan gol dengan menunjuk ke arah gedung di dekat stadion Rizal.

Di puncak gedung itu ternyata terdapat tulisan 'In God We Trust'. Osvaldo, yang seorang nasrani, mengaku sangat tertarik dengan kalimat itu.

Religiusnya Timnas Indonesia U-22Foto: Grandyos Zafna/detikSport


Selain itu, asisten pelatih Nova Arianto juga sangat religius. Sebelum masuk ke lapangan dia selalu membentuk tanda salib di ke badannya.

"Kata-katanya bagus. Pokoknya apapun yang terjadi kita harus percaya kepada Tuhan. Itu makna bagus," kata Osvaldo usai mengalahkan Myanmar.

Indra menjadi orang yang paling sering menunjukkan keyakinannya kepada Tuhan. Bahkan, pada salah satu konferensi persnya dia menyarankan agar keburukan dari penyelenggaraan SEA Games tak usah dibuat heboh.

"Tidak perlu dikeluhkan, jadi jangan sekali-sekali senang melihat aibnya dibuka, kalu perlu tutup. Kita tidak rugi, kok, kita menang juga," kata Indra usai Indonesia mengalahkan Laos beberapa hari lalu.

"Tuhan marah, lo, kita menjelek-jelekan orang lain. Walaupun dia jelek, tutup aib mereka pahala untuk kita, energi untuk kita. Jadi jangan mempersoalkan air yang tidak ada, ruang ganti yang tidak ada, orang suka mengeluh adalah orang yang tidak pernah sukses, tidak perlu mengeluh," Indra menegaskan.

Di laga final nanti Indonesia berhadapan dengan Vietnam, Selasa (10/12/2019). Saat pertemuan di fase grup, Indonesia kalah 1-2.

Simak Video "Timnas U-22 Tak Sengaja Makan Babi di SEA Games "
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)


Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.