Developed in conjunction with Joomla extensions.

Piala AFF U-18: Ditekuk Malaysia, Indonesia Gagal ke Final

Sepak Bola
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Thu Dau Mot -

Timnas Indonesia U-18 gagal ke final Piala AFF U-18 2019. Berduel hingga 120 menit di semifinal, Garuda Nusantara menyerah 3-4 dari Timnas Malaysia U-18.

Di Gò Đậu Stadium, Thu Dau Mot, Vietnam, Sabtu (17/8/2019), Indonesia vs Malaysia berjalan sengit. Di babak pertama, kedua tim banyak menciptakan peluang lantaran bermain cukup terbuka.

Amiruddin Bagus sempat melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-9. Namun, upayanya bisa diredam kiper Malaysia, Sikh Izhan Nazrel.

Peluang kedua Bagus hadir di menit ke-15. Dari kanan, bek sayap Fajar Fathu Rachman mengirim umpan ke tengah, dan bisa disambut Bagus. Namun, penyerang muda Indonesia itu gagal mengarahkan bola ke gawang.

Empat menit berselang, Malaysia membuat kejutan dengan membobol gawang Indonesia lebih dulu. Dari tendangan bebas Ajmal Mahadi, bola membentur pagar betis dan mengarah ke Aiman Afif Afizul. Tanpa kesulitan Aiman meneruskannya menjadi gol dan membawa Malaysia memimpin 1-0.

Malaysia kian bersemangat. Beberapa menit berselang, upaya Harimau Muda C dua kali menerpa mistar gawang Indonesia lewat Azam Azmi Murad dan Luqman Hakim.

Indonesia sendiri tak kendur. Di menit ke-37, Bagus kembali mengancam gawang Malaysia. Kali ini, sepakannya masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang.

Sampai akhirnya, Beckham Putra membobol gawang Malaysia di injury time babak pertama. Beckham meneruskan umpan tarik Fajar Fathu Rachman dari kanan menjadi gol, dan membuat skor 1-1 menutup babak pertama.



Di babak kedua, Indonesia langsung menekan Malaysia. Di menit ke-50, Bagus punya kans mencetak gol, namun tendangannya melayang ke atas gawang lawan.

Di menit ke-54, Malaysia kembali membobol gawang Indonesia. Luqman Hakim melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang tak mampu dibendung Erinando. Skor menjadi 2-1, Indonesia kembali tertinggal.

Hingga memasuki menit ke-70, Indonesia masih kesulitan mencetak gol penyeimbang. Malays unggul pada menit ke-54. ia bermain rapat di semua lini, yang menyulitkan Bagus dkk menembus kotak penalti.

Di menit ke-73, Indonesia punya kans mencetak gol. Dari kanan, umpan silang dilepaskan Amiruddin Bagas menuju Sutan Zico. Namun, striker yang baru masuk menggantikan Supriadi itu gagal mengonversinya.

Upaya Indonesia akhirnya berbuah gol di menit ke-79. Fajar merobek gawang Malaysia, usai sepakan kaki kirinya dari sisi kiri kotak penalti gagal dibendung Sikh Izhan Nazrel. Skor menjadi 2-2.

Indonesia justru berbalik unggul dua menit berselang. Lewat serangan balik cepat, Muhammad Salman Alfarid melepaskan tendangan yang gagal dibendung kiper Malaysia lagi. Skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Indonesia.



Keunggulan Indonesia tak bertahan laga. Malaysia mendapat penalti, usai Fajar melanggar pemain Malaysia di kotak penalti pada menit ke-84. Harith Haiqal tak membuang kesempatan emas membobol gawang Erinando, dan mengubah skor menjadi 3-3. Skor bertahan hingga waktu normal habis dan laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak pertama extra time, Malaysia bisa kembali unggul lewat tandukan Harith Haiqal di menit ke-98. Dari tendangan bebas dekat kotak penalti sisi kiri, Harith, yang berada di tiang jauh sisi kanan, menanduk bola masuk ke gawang Indonesia. Malaysia kembali unggul 4-3, dan bertahan hingga istirahat.

Di babak kedua extra time, Indonesia banyak mengancam lewat aksi Bagus, Sutan Zico dan Beckham Putra, namun tidak ada yang berbuah gol. Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol tercipta. Indonesia kalah 3-4 dari Malaysia dan gagal ke final.

Indonesia masih bisa memperebutkan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019. Lawannya menunggu hasil Australia vs Myanmar, yang akan bertanding beberapa saat lagi.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-18: Erinando, Bagas, Bayu, Fajar, Alfeandra, Salman, Beckham, Brylian, Supriadi, David, Bagus

Timnas Malaysia U-18: Izhan, Firdaus, Aidil, Nuh Azlan, Harith, Azam, Mukhari, Fakhrul, Aiman, Luqman, Nasip



Simak Video "Euforia Netizen Saat Indonesia Bantai Myanmar"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/rin)


Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.