Developed in conjunction with Joomla extensions.

Hasil Piala Super Eropa: Libas Real Madrid, Atletico Juara

Sepak Bola
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Jakarta - Piala Super Eropa 2018 jadi milik Atletico Madrid. Ini setelah Los Colchoneros mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-2.

Pada duel yang dihelat di A. Le Coq Arena, Kamis (16/8/2018) dinihari WIB, Atletico unggul duluan lewat Diego Costa sebelum disamakan Karim Benzema. Penalti Sergio Ramos sempat membawa Madrid balik memimpin sebelum disamakan Costa lagi.

Pada babak perpanjangan waktu, Atletico tampil luar biasa untuk mencetak dua gol tambahan, masing-masing dari Saul Niguez dan Koke.





Kemenangan ini membuat Atletico meraih trofi Piala Super Eropa ketiganya setelah 2010 dan 2012. Sementara untuk Madrid, ini jadi debut tak menyenangkan Julen Lopetegui di laga resmi.

Jalannya Pertandingan

Belum genap semenit laga berjalan, Atletico sudah memimpin 1-0 berkat gol Diego Costa. Diawali umpan panjang dari Diego Godin, bola mengarah kepada Costa yang berada di pertahanan Madrid.

Costa mampu melambungkan bola melewati Sergio Ramos yang menjaganya dan berlari ke kotak penalti. Meski diadang Ramos dan Raphael Varane, Costa masih mampu menempatkan bola di pojok atas gawang Keylor Navas.



Setelah gol tersebut, Atletico seperti biasa langsung bertahan dan menerapkan strategi serangan balik. Hal ini terbukti ampuh membuat Madrid kesulitan mengembangkan permainan.

Bahkan Madrid relatif tak bisa membahayakan gawang Jan Oblak hingga peluang pertama baru didapat di menit ke-17. Umpan tarik Marcelo menemui Marco Asensio di tiang dekat yang menyentuh bola dengan tumitnya, tapi bola berrhasil ditepis Oblak.

Madrid terus meningkatkan intensitas serangannya hingga mendapat gol penyama kedudukan di menit ke-27. Akselerasi Gareth Bale dari sisi kanan tak mampu dibendung dan dia mengakhirinya dengan crossing ke tiang jauh. Di sana ada Karim Benzema yang menanduk bola ke gawang, skor pun 1-1.




Dua menit kemudian Madrid nyaris mendapat gol keduanya ketika Asensio menggiring bola melewati Thomas Lemar di depan kotak penalti. Tapi, tembakan kaki kanannya cuma tipis melenceng di sisi gawang.

Tempo pertandingan mulai meningkat di sisa 15 menit babak pertama ini. Jual-beli serangan terjadi meski belum ada yang benar-benar membahayakan. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, permainan sedikit menurun temponya meski Atletico berinisiatif membangun serangan lebih dulu. Madrid pun dibuat frustrasi oleh mereka.




Pelatih Madrid, Julen Lopetegui, pun memutuskan menarik Asensio dan memasukkan Luka Modric agar timnya mampu mengatur tempo permainan. Sementara, Antoine Griezmann yang mati kutu sedari babak pertama digantikan Angel Correa.

Madrid mendapat penalti pada menit ke-62 ketika Juanfran menyentuh bola dengan tangan saat berduel dengan Benzema di kotak penalti. Ramos sebagai eksekutor dengan dingin mengecoh Oblak untuk membawa timnya memimpin 2-1.




Madrid pun menurunkan intensitas serangan setelah unggul tersebut dan Atletico coba memanfaatkan untuk mencari gol penyama kedudukan. Usaha itu menemui hasil pada menit ke-78 ketika Costa mencetak gol keduanya di laga ini.

Diawali tusukan Angel Correa yang masuk ke kotak penalti Madrid, dia mengumpan ke Costa yang berdiri bebas untuk menyontek bola ke dalam gawang Navas. Skor jadi 2-2.

Atletico coba mencari gol lagi tapi usahanya sia-sia karena Madrid mampu bertahan dengan baik. Tak ada pemenang selama 90 menit sehingga laga lanjut ke extra time 2x15 menit.

Di babak pertama extra time, Madrid tak kunjung menaikkan tempo permainan dan malah membuat Atletico leluasa menguasai. Para pemain belakang Madrid malah membuat kesalahan yang berujung gol yang membawa Atletico berbalik unggul 3-2.




Pada menit ke-98, Ramos dan Varane memainkan bola di kotak penalti meski ada dua pemain Atletico di sana. Thomas Partey lantas mampu merebut bola dari kaki Varane yang dituntaskan crossing dan disambut sepakan first time kaki kiri Saul Niguez untuk merobek jala Navas.

Enam menit kemudian Atletico menjauhkan keunggulan jadi 4-2 lewat serangan balik di sisi kanan. Costa mampu mengalahkan Carvajal dalam duel satu lawan satu dan saat memasuki kotak penalti, dia malah mengoper bola ke Vitolo yang berada di luar.




Vitolo memindahkan bola ke sisi kanannya dan diteruskan sepakan keras Koke yang menghujam jala Madrid.





Masuk di babak kedua extra time pun, Madrid masih tidak mampu membuat serangan mematikan ke gawang Atletico. Para pemainnya terlihat kelelahan dan Atletico pun dengan mudah menguasai bola serta melakukan serangan balik.

Atletico akhirnya tampil sebagai juara setelah skor tak berubah hingga akhir laga.

Susunan Pemain

Real Madrid: Keylor Navas; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Casemiro (Dani Ceballos 76'); Gareth Bale, Isco, Marco Asensio (Luka Modric 57'); Karim Benzema.

Atletico Madrid: Jan Oblak; Juanfran, Stefan Savic, Diego Godin, Lucas Hernandez; Saul, Koke, Rodri (Vitolo 71'), Thomas Lemar; Diego Costa, Antoine Griezmann (Angel Correa 57')


Cek juga video Derby Madrid Tanpa Cristiano Ronaldo
(mrp/rin)


Sumber: detik.com
loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.