Developed in conjunction with Joomla extensions.

PM Najib Komentari Polemik Rendang Ayam di MasterChef Inggris

International
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Kuala Lumpur - Kritikan juri dalam kontes memasak televisi BBC 'MasterChef UK' soal rendang ayam harus renyah memicu kemarahan warga Malaysia. Bahkan Perdana Menteri Najib Razak ikut berkomentar. Apa kata PM Najib?

"Mana ada orang makan rendang ayam 'crispy'?" ucap PM Najib via akun Twitter resminya @NajibRazak, seperti dilansir Reuters, Selasa (3/4/2018). PM Najib menyertakan foto hidangan rendang ayam khas Malaysia dalam kicauannya.



Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, juga tak mau ketinggalan dan ikut memberi komentar. "Sungguh menggelikan ketika orang-orang asing berupaya mengajari warga Malaysia soal hidangan tradisional mereka sendiri. Ini membuat kami bertanya apakah ini adalah bentuk 'whitesplaining' di media sosial," sebut Anifah via akun Facebook resminya.

Whitesplaining merupakan sebutan bagi aksi warga kulit putih yang memberitahu orang-orang kulit berwarna soal hal-hal yang harus dilakukan dan tidak bisa dilakukan. Whitesplaining dianggap sebagai tindakan rasialisme.

Polemik soal rendang ayam ini berawal saat salah satu kontestan berdarah Malaysia yang tinggal di Bristol, Inggris, Zaleha Kadir Olpin memasak hidangan tradisional khas Malaysia, nasi lemak. Dalam babak perempat final, para kontestan diminta memasak hidangan yang penting bagi mereka. Hidangan nasi lemak yang dimasak dan disajikan Zaleha itu memiliki menu rendang ayam di dalamnya.

Saat mencicipi hidangan Zaleha itu, dua juri MasterChef UK, John Torode dan Gregg Wallace melontarkan kritikan. "Kulit ayamnya tidak renyah, ini tidak bisa dimakan. Semua saus ada di kulitnya, saya tidak bisa memakannya," ucap Wallace.

Torode yang seorang chef asal Australia, menambahkan bahwa ayam dalam rendang harus 'sungguh, sungguh lembut dan mudah dipisahkan'.

Tagar MasterChef UK dan rendanggate menjadi trending di Twitter, dengan warga Malaysia yang marah ramai-ramai menyerang kedua juri itu. "Jangan ajari kami cara memasak hidangan yang datang dari belahan bumi ini ketika Anda tidak tahu apa-apa. Rendang ayam tidak pernah renyah," tegas travel writer Malaysia, Anis Ibrahim, via Twitter.

Dihujani kritik, Torode justru melontarkan komentar bernada sindiran via akun Twitternya. Dia menyebut rendang ayam mungkin dari Indonesia, negara tetangga Malaysia dan mengakhiri kicauan dengan salam khas India, 'namaste'.

"Mungkin Rendang dari Indonesia !! Suka ini !! Brilian bagaimana bersemangatnya kalian semua ... Namaste," kicaunya via akun Twitter @JohnTorode1.



Duta Besar Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell, mencoba memberi komentar lebih diplomatis soal polemik ini. "Rendang adalah hidangan nasional Malaysia yang ikonik, jangan bingung dengan versi Indonesia ... Rendang tidak pernah renyah dan tidak seharusnya dibandingkan dengan ayam goreng yang terkadang disajikan dengan nasi lemak," ucapnya.


(nvc/bpn)

Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.