Developed in conjunction with Joomla extensions.

Saat Jokowi dan Keluarga Liburan di Bogor Tak 'Ganggu' Pengunjung

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Bogor - Presiden Joko Widodo bersama keluarga berkunjung ke Taman Safari di Cisarua, Bogor. Pada masa libur panjang Natal dan Tahun Baru ini, kondisi lalu lintas di jalur Puncak tentu saja macet.

Petugas yang mengawalnya tak meminta pengendara untuk membuka jalan agar mobil yang ditumpanginya lekas tiba di lokasi. Menumpangi mobil Toyota Alphard warna hitam bernopol B-1896-RFT, Jokowi menyesuaikan arus lalu lintas menuju arah Puncak.

"Pengawalan biasa, berangkatnya menyesuaikan dengan arus ke atas. Incognito, berangkatnya koordinasi dengan pihak kepolisian di Bogor jam berapa arus lalu lintas menuju ke atas (Puncak-red). Jadi Pak Presiden tidak mau mengganggu aturan," kata Bey kepada detikcom.


Jokowi mengajak Ibu Negara Iriana dan anak laki-lakinya, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming, serta menantunya, Selvi Ananda, dan cucunya, Jan Ethes. Mereka bertolak dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pukul 10.25 WIB, Minggu (24/12).

Mobil yang ditumpangi Jokowi pun ikut terkena kemacetan di jalur Puncak. "Jadi, begitu keluar tol dari Bogor, tak lama saat hendak menuju ke atas mobil Presiden langsung terkena macet," katanya.

Tiba di dalam Taman Safari, Jokowi dan keluarga berkeliling di area wisata Safari Journey. Mereka menghabiskan waktu selama sekitar 1,5 jam.

Humas TSI, Yulius Supriharjo mengatakan saat itu kondisi Taman Safari tengah ramai dikunjungi warga yang menikmati waktu libur panjang. Dia mengatakan, Jokowi pun ikut antre di dalam area Safari Journey.

"Kondisi pas beliau datang, pengunjung memang sedang membludak, kan memang hari libur. Dan sepengetahuan saya, Pak Jokowi juga mengikuti antrean di dalam area Safari Journey, tidak mendahului pengunjung lain. Karena saya kira mungkin beliau ingin menikmati ya," kata Yulius, dikonfirmasi terpisah.

Di dalam area Safari Journey, kata Yulius, pengunjung bisa melihat beragam koleksi satwa TSI yang dilepas bebaskan.

"Di sana pengunjung bisa melihat koleksi satwa kita yang didatangkan dari beragam wilayah dan negara lain. Ada, onta misalnya, atau kuda nil," terangnya.

Di sana Jokowi melihat sejumlah hewan termasuk Giant Panda yang baru beberapa bulan jadi penghuni Taman Safari Indonesia.

Selain Giant Panda, Jokowi juga melihat sejumlah hewan lainnya seperti Anoa, burung-burung, Kuda Nil, Badak, Singa dan lain-lain. Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga sempat memberikan makan kepada Gajah.

Usai berkeliling di Taman Safari Indonesia, Jokowi mengajak keluarganya makan bersama. Restoran Raffles yang masih berada di kawasan Cisarua, Bogor menjadi pilihan Jokowi.


Di resto khas sunda tersebut, Jokowi memesan makanan kesukaannya yaitu cakwe, karedok dan gurame. Pengelola resto menyebut Jokowi telah dua kali datang ke tempatnya. Sebelumnya, Jokowi pernah datang ke Restoran Raffles saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

Pantauan detikcom, rombongan Presiden Jokowi tiba Restoran Rafless sekitar pukul 15.10 WIB. Setibanya di dalam restoran, Jokowi dan keluarga langsung menuju area yang berada di bagian belakang restoran yang memiliki pemandangan langsung ke perbukitan kawasan Puncak.

Di bangunan joglo yang terbuka, Presiden Jokowi makan bersama keluarga dan pengawalnya. Pengelola kaget karena tak ada sterilisasi. Jokowi bersama keluarga makan tanpa mengusir tamu lain yang sedang makan.


"Lokasi Bapak di Joglo itu, bareng sama keluarga. Pengawal juga ikut makan, semuanya makan bareng. Pas Bapak Jokowi makan, di sini juga sedang ada tamu, tapi dibiarkan, tidak diusir atau apa," kata Personalia Restoran Rafflesia, Shiera saat ditemui detikcom, Minggu (24/12).

Usia menyantap makanan di restoran Raffles, Jokowi dan rombongan meninggalkan lokasi menuju Istana Bogor. Saat meninggalkan lokasi, arus lalu lintas di jalur Puncak sedang diberlakukan proses oneway menuju Jakarta sehingga rombongan Presiden tidak mengganggu arus.
(jbr/fai)

Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.