Developed in conjunction with Joomla extensions.

Pelat Nomor Warna Putih Mulai Diterapkan di Indonesia

Pelat Nomor Warna Putih. Foto: Istimewa

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Jakarta - Korps Kepolisian Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) beberapa waktu lalu mengumumkan bakal mengganti warna latar pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Pelat nomor kendaraan pribadi yang awalnya berlatar hitam dengan tulisan putih diwacanakan menjadi berlatar putih.

Langkah itu merupakan wujud dari penerapan Electronic Trafic Law Enforcement (e-TLE) atau tilang dengan bukti pelanggaran yang terekam kamera CCTV. Dengan pelat nomor berlatar putih, nantinya kendaraan akan mudah teridentifikasi melalui kamera CCTV yang terpasang di jalan.

Baru-baru ini beberapa kali juga tersebar foto-foto pelat nomor berlatar putih. Tampak dalam foto pelat nomor tersebut awalnya berkelir hitam, namun saat terkena cahaya saat malam hari, latar pelat nomor tersebut berubah putih, sementara tulisannya berwarna hitam.

Pelat Nomor Warna Putih Mulai Diterapkan di IndonesiaFoto: Istimewa


Untuk mengonfirmasi hal ini, detikcom menanyakan langsung kepada Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra. Menurut Halim, pelat nomor tersebut benar sudah diterapkan.

"Benar, bila kena cahaya malam hari (menjadi latar putih-Red)," kata Halim kepada detikcom melalui pesan singkat saat ditanya apakah benar penggunaan pelat nomor berlatar putih sudah diterapkan.

Namun, sepertinya belum semua kendaraan pakai pelat nomor berlatar putih tersebut. "TNKB tersebut untuk NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pilihan, atau nomor pilihan," lanjutnya, Rabu (26/6/2019).

Pelat nomor putih jika terkena cahaya pada malam hari. Pelat nomor putih jika terkena cahaya pada malam hari. Foto: Istimewa


Halim belum bisa menjelaskan lebih lanjut soal pelat nomor yang berubah warna saat terkena cahaya di malam hari, karena saat dihubungi Halim sedang rapat.

Diberitakan sebelumnya, wacana perubahan warna pelat nomor menjadi berlatar putih tersebut diutarakan agar penindakan terhadap pelanggar aturan lalu lintas dapat langsung terdeteksi dan terdata.

Pendataan tersebut menggunakan kamera CCTV yang terintegrasi dan dipasang pada titik tertentu untuk merekam pelat nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran. Berdasarkan kajian polisi warna dasar pelat nomor hitam akan menyulitkan perekaman sehingga ada kemungkinan warna dasar tersebut akan diganti. (rgr/ddn)


Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.