Developed in conjunction with Joomla extensions.

Jago PDIP di Kebumen: Ganjar Keok di Pilgub, Jokowi Sukses di Pilpres

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Kebumen - Rapat Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah telah usai dan dinyatakan ditutup. Hasilnya, suara Jokowi unggul jauh dari Prabowo.

Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Yulianto mengatakan bahwa rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 usai dilaksanakan pada Senin (6/5/2019) dini hari. Rapat tersebut digelar di kantor KPU Kebumen Jl Arumbinang no 14.

Hasilnya, suara capres/cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara jauh lebih banyak dibandingkan dengan capres/cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

"Dari suara sah sejumlah 754.752, perolehan capres/cawapres 01 mendapatkan 545.742 suara sedangkan capres/cawapres 02 mendapatkan 209.010 suara," kata Yulianto, Senin (6/5/2019).

Dari perolehan angka tersebut jika diprosentase maka Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan 72,30 persen suara dan Prabowo-Sandi mendapatkan 27,70 persen suara. Hasil ini berbanding terbalik dengan perolehan suara di Kebumen pada Pilgub Jateng 2018 lalu.

Jateng sendiri merupakan daerah kandang bateng, di mayoritas kabupaten/kota selalu memenangkan suara dari PDIP. Namun pada Pilgub Jateng 2018 lalu, suara Ganjar-Yasin di Kebumen yang diusung oleh PDIP dan koalisinya hanya mendapatkan 44,44 persen suara sedangkan lawannya Sudirman Said-Ida yang diusung partai Gerindra beserta koalisinya berhasil menggungguli dengan perolehan 55,56 persen suara.

Untuk rapat pleno di Kabupaten Kebumen dimulai sejak Selasa (30/4) lalu dan baru bisa selesai selama sepekan, berbeda dengan daerah lain yang rata-rata hanya menggelar rapat pleno selama 3 hari. Hal tersebut dikarenakan setiap daerah memiliki kesulitan dan permasalahn yang berbeda, terlebih Kebumen sendiri memiliki jumlah kecamatan yang cukup banyak yakni 26 kecamatan.

"Sesuai dengan tahapan dalam PKPU maksimal tanggal 7 ini harus sudah selesai, dan kami sudah menyelesaikan sebelum tanggal 7. Pagi nanti hasilnya akan langsung kami bawa ke Semarang (KPU Provinsi)," tutupnya.

Saksikan juga video 'Survei LSI soal Pileg 2019: PDIP Teratas, PSI Tiga Terbawah':



(mbr/mbr)


Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.