Developed in conjunction with Joomla extensions.

Survei Celebes Research: PKB-PKS di Atas PD, PSI Hingga Berkarya Parnoko

Nasional
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Jakarta -

Selain elektabilitas pasangan calon pada Pilpres 2019, Celebes Research Center (CRC) juga melakukan survei terhadap partai politik. Hasilnya, PDI Perjuangan jadi yang terdepan diikuti Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Survei dilakukan dalam rentang waktu 23-31 Januari 2019 terhadap 1.200 responden dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Margin of error sruvei sebesar +/- 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95,0%. Sampel berasal dari 34 Provinsi di Indonesia yang terdistribusi secara proporsional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung (face to face) dengan menggunakan kuisioner oleh pewawancara yang sudah terlatih. Quality control survei sebesar 20%.

"PDI Perjuangan 24,5%, Gerindra 12,9%, Golkar 10,4%," kata Direktur Eksekutif Celebes Research Center, Herman Heizer di restauran Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).


Survei itu dilakukan dengan menggunakan metode simulasi tertutup. Survei dilakukan dengan pertanyaan 'Jika pemilihan umum legislatif dilaksanakan hari ini, partai mana yang akan Ibu/Bapak pilih?' kepada para responden.

Setelah Golkar, PKB membuntuti dengan elektabilitas 7,5%. PKS ada di posisi kelima dengan angka 5,0%. Partai-partai baru seperti PSI, Partai Berkarya, Partai Garuda berkutat di angka nol koma atau partai nol koma (parnoko).

Berikut ini hasil survei CRC soal elektabilitas partai jelang Pileg 2019:

PDIP: 24,5%
Gerindra: 12,9%
Golkar: 10,4%
PKB: 7,5%
PKS: 5,0%
Demokrat: 4,6%
PPP: 2,8%
NasDem: 2,8%
Perindo: 2,3%
PAN: 2,2%
Hanura: 0,8%
PBB: 0,6%
PSI: 0,2%
Berkarya: 0,1%
Garuda: 0,1%
PKPI: 0,0%
Tidak akan ikut memilih: 1,5%
Tidak tahu/tidak jawab/rahasia: 21,7%

Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo, Anggawira dari kubu Prabowo-Sandi, Direktur Penggalangan Pemilih Muda Tim Jokowi Bahlil Lahadalia, Rektor Universitas Al Azhar Asep Saifuddin dan Pengamat Politik dari UIN Adi Prayitno hadir dalam rilis survei itu.


(gbr/tor)

Sumber: detik.com
Loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.

loading...

Developed in conjunction with Joomla extensions.